Smart city adalah salah satu penerapan tren teknologi yang akan mendominasi dibeberapa tahun kedepan. Di Indonesia beberapa kota besar sudah mengembangkan kotanya menjadi pintar diantaranya Bandung, Surabaya, Surakarta, bahkan Ibu Kota Jakarta. Kota Surakarta merupakan salah satu kota percontohan dalam implementasi konsep Smart City. Program smart city yang berada di Kota Surakarta yaitu Pemerintah Cerdas (Smart Governance), Branding Cerdas ( Smart Branding), Mobilitas Cerdas ( Smart Mobility) , Kehidupan Cerdas ( Smart Living), Ekonomi Cerdas (Smart Economy). Saat ini hanya pemerintah Kota Surakarta yang memadukan layanan dengan menggunakan sentuhan teknologi mobile untuk pengembangan layanan informasi Kota Surakarta. Tekonologi tersebut dikenal dengan aplikasi Solo Destination. Aplikasi Solo Destination digunakan sebagai branding Kota Surakarta berbasis teknologi informasi. Melalui aplikasi ini diharapakan lebih memudahkan pengguna untuk mencari informasi tentang Kota Surakarta secara online sebelum melakukan kunjungan secara offline ke Kota Surakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas program smart city aplikasi Solo Destination dalam mengembankan smart branding Kota Surakarta.
Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuesioner kepada 400 responden yang merupakan pengguna dari aplikasi Solo Destination. Kuesioner disebarkan secara online melalui media social. Sampel diambil berdasarkan metode non-probability sampling dengan rumus Slovin. Penjelasan hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Uji validitas dan reabilitas digunakan untuk menunjukan bahwa kuesioner yang digunakan telah valid dan reliable sehingga dapat mendukung penelitian yang dilakukan.
Penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan positif antara efektivitas aplikasi Solo Destination dengan smart branding dengan nilai t hitung 13.487 > t tabel 1,965. Hasil uji efektivitas diperoleh persentase sebesar 80,06% yang artinya Efektvitas program smart city aplikasi solo destination efektif dalam mengmbangakn smart branding Kota Solo.hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai efektifitas program smart city aplikasi Solo Destination dan smart branding bagi para pembaca.