EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM SMARTCITY APLIKASI SOLO DESTINATION DALAM MENGEMBANGKAN SMART BRANDING KOTA SOLO

FEBRIA WIDI SATRIA AYU MURDIANTO

Informasi Dasar

241 kali
22.04.051
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Smart city adalah salah satu penerapan tren teknologi yang akan mendominasi dibeberapa tahun kedepan. Di Indonesia beberapa kota besar sudah mengembangkan kotanya menjadi pintar diantaranya Bandung, Surabaya, Surakarta, bahkan Ibu Kota Jakarta. Kota Surakarta merupakan salah satu kota percontohan dalam implementasi konsep Smart City. Program smart city yang berada di Kota Surakarta yaitu Pemerintah Cerdas (Smart Governance), Branding Cerdas ( Smart Branding), Mobilitas Cerdas ( Smart Mobility) , Kehidupan Cerdas ( Smart Living), Ekonomi Cerdas (Smart Economy). Saat ini hanya pemerintah Kota Surakarta yang memadukan layanan dengan menggunakan sentuhan teknologi mobile untuk pengembangan layanan informasi Kota Surakarta. Tekonologi tersebut dikenal dengan aplikasi Solo Destination. Aplikasi Solo Destination digunakan sebagai branding Kota Surakarta berbasis teknologi informasi. Melalui aplikasi ini diharapakan lebih memudahkan pengguna untuk mencari informasi tentang Kota Surakarta secara online sebelum melakukan kunjungan secara offline ke Kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas program smart city aplikasi Solo Destination dalam mengembankan smart branding Kota Surakarta. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuesioner kepada 400 responden yang merupakan pengguna dari aplikasi Solo Destination. Kuesioner disebarkan secara online melalui media social. Sampel diambil berdasarkan metode non-probability sampling dengan rumus Slovin. Penjelasan hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Uji validitas dan reabilitas digunakan untuk menunjukan bahwa kuesioner yang digunakan telah valid dan reliable sehingga dapat mendukung penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan positif antara efektivitas aplikasi Solo Destination dengan smart branding dengan nilai t hitung 13.487 > t tabel 1,965. Hasil uji efektivitas diperoleh persentase sebesar 80,06% yang artinya Efektvitas program smart city aplikasi solo destination efektif dalam mengmbangakn smart branding Kota Solo.hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai efektifitas program smart city aplikasi Solo Destination dan smart branding bagi para pembaca.

Subjek

SMART CITY
 

Katalog

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM SMARTCITY APLIKASI SOLO DESTINATION DALAM MENGEMBANGKAN SMART BRANDING KOTA SOLO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRIA WIDI SATRIA AYU MURDIANTO
Perorangan
ELVIRA AZIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini