Bystander effect merupakan salah satu fenomena pada bidang psikologi sosial. Fenomena ini terjadi ketika seorang individu yang berperan sebagai pengamat pada situasi saat ada orang yang membutuhkan pertolongan atau darurat, cenderung mengurungkan perilaku menolong karena adanya hambatan berupa keberadaan orang lain. Hal ini diperlihatkan melalui adanya faktor-faktor yang membentuk adanya fenomena bystander effect berupa jumlah pengamat di tempat, difusi tanggung jawab, ambiguitas dan rasa takut pada diri manusia ketika dihadapkan pada situasi darurat. Perancangan ini berfokus pada memberikan informasi mengenai faktor fenomena dan bagaimana terjadinya bystander effect. Hasil perancangan yang dibuat dibentuk berdasarkan data-data yang telah didapat melalui proses pengumpulan data untuk kebutuhan informasi fenomena dan perancangan, perancangan ini menggunakan metode campuran dengan melakukan wawancara, observasi tidak langsung, data literatur, dan data kuesioner. Kemudian pada konsep visual perancangan, penulis juga menyebarkan survei untuk mengetahui minat visual yang menarik untuk dijadikan media informasi dengan tujuan menginformasikan terkait fenomena bystander effect yang diangkat dalam bentuk media motion graphic.