Aplikasi Pengenalan Bangun Ruang Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Augmented Reality

SALSABILLA NOOR BUDI ASTARI

Informasi Dasar

102 kali
22.04.141
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan taman kanak-kanak (TK) adalah pendidikan yang di khususkan untuk anak usia empat sampai enam tahun. Saat ini, taman kanak-kanak mengenalkan bangun ruang pada siswa hanya dengan menggunakan buku dan alat peraga saja contohnya balok dan magnet atau mainan berbentuk bangun ruang. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk membuat metode pembelajaran yang baru dan menarik, juga mudah dipahami oleh siswa taman kanak-kanak, orang tua/wali dan guru. Aplikasi pengenalan bangun ruang ini menggunakan teknologi Augmented Reality yang diterapkan pada smartphone Android. Dengan aplikasi ini siswa TK dapat bermain sambil belajar dengan cara yang berbeda dan tidak mudah bosan. Software yang digunakan adalah Unity untuk membuat AR, dan Photoshop untuk membuat kartu marker. Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah metode Waterfall. Aplikasi ini dapat menampilkan tujuh bangun ruang yang dapat diganti dengan tujuh warna, jika berhasil di pindai aplikasi akan memunculkan bangun ruang berbentuk animasi tiga dimensi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini mendapat persentase sebanyak 86,75%, sehingga termasuk ke dalam kategori sangat layak digunakan untuk menunjang pembelajaran bangun ruang pada siswa taman kanak-kanak. Kata kunci: Augmented Reality, Bangun Ruang, dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Subjek

APPLICATION
 

Katalog

Aplikasi Pengenalan Bangun Ruang Untuk Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Augmented Reality
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILLA NOOR BUDI ASTARI
Perorangan
TAFTA ZANI, FITRI SUSANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini