Di era globalisasi ini setiap organisai terutama UKM dihadapkan pada konpetisi dan daya saing yang semakin ketat. UKM harus melakukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi sehingga dapat menjaga eksitensi dan perkembangan bisnisnya. Platform UKM Shared service menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas UKM. Dalam mendukung Teknologi Informasi UKM shared service makan membuat perancangan Framework Enterprise architectur. Makan analisis dan perancangan enterprise architecture dengan framework TOGAF. The Open Group Architecture Framework adalah best practice dari Enterprise Achitecture yang dapat digunakan serta memiliki beberapa tahapan yang dijadikan pedoman dalam pembuatan Enterprise architecture antara lain yaitu Preliminary, Architecture Vision, Bisiness Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture, Opportunities and Solutions, dan Migration planning. Penelitian ini akan membahas fungsi Marketing pada UKM Shared Services, diharapkan menghasilkan IT Roadmap dan IT Blueprint sesuai perancangan fungsi markrting pada UKM shared service menggunakan TOGAF beserta hasil artifak dari tiap- tiap tahap yang relevan dalam pembangunan kerangka kerja.