Perkembangan dibidang ekonomi dan teknologi yang semakin pesat menuntut
pembeli-penjual untuk bertransaksi kapan dan dimana saja. Cryptocurrency adalah
mata uang digital tentunya berbeda dengan mata uang lainnya, karena mata uang ini
bisa digunakan untuk melakukan transaksi virtual. Indodax merupakan perusahaan
tempat market place digital terbesar di Asia Tenggara. Dalam hal ini Indodax ingin
melakukan pendekatan dengan para pengguna melalui akun sosial media twitter.
Dalam hal ini pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan Indodax dan
pengguna dapat memberikan komentar mengenai Indodax.
Ulasan tersebut memuat banyak sekali saran, pujian bahkan keluhan pengguna
serta ulasan tersebut dapat dijadikan masukan untuk layanan Indodax kedepannya.
Terdapat 5105 ulasan yang terkumpul pada waktu yang telah ditentukan untuk
dilakukan penelitian. Data yang digunakan untuk dataset serbanyak 3824 ulasan
dengan pembagian 70% untuk data latih dan 30% untuk data uji. Dalam hal ini
menggunakan algoritma naive bayes dengan software Studio. Hasil yang diperoleh
pada metode naïve bayes mendapatkan hasil 60% sentimen positif dan 40% sentimen
negatif. Hasil tersebut menggambarkan bahwa secara keseluruhan hasil ulasan yang
ada di Indodax adalah positif. Topic modeling digunkan untuk mengidentifikasi pola
dan hubungan antara data dari dokumen teks metode yang paling populer digunakan
untuk pemodelan topik adalah Latent-Dirichlet Allocation (LDA) menggunakan
software R Studio.
Kata kunci: Twitter, Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Topic Modeling, Kepuasan
Konsumen