ANALISIS ULASAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN dan TOPIC MODELING (STUDI KASUS: INDODAX)

DHANI NUSA LISTYAWAN

Informasi Dasar

195 kali
22.04.267
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan dibidang ekonomi dan teknologi yang semakin pesat menuntut pembeli-penjual untuk bertransaksi kapan dan dimana saja. Cryptocurrency adalah mata uang digital tentunya berbeda dengan mata uang lainnya, karena mata uang ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi virtual. Indodax merupakan perusahaan tempat market place digital terbesar di Asia Tenggara. Dalam hal ini Indodax ingin melakukan pendekatan dengan para pengguna melalui akun sosial media twitter. Dalam hal ini pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan Indodax dan pengguna dapat memberikan komentar mengenai Indodax. Ulasan tersebut memuat banyak sekali saran, pujian bahkan keluhan pengguna serta ulasan tersebut dapat dijadikan masukan untuk layanan Indodax kedepannya. Terdapat 5105 ulasan yang terkumpul pada waktu yang telah ditentukan untuk dilakukan penelitian. Data yang digunakan untuk dataset serbanyak 3824 ulasan dengan pembagian 70% untuk data latih dan 30% untuk data uji. Dalam hal ini menggunakan algoritma naive bayes dengan software Studio. Hasil yang diperoleh pada metode naïve bayes mendapatkan hasil 60% sentimen positif dan 40% sentimen negatif. Hasil tersebut menggambarkan bahwa secara keseluruhan hasil ulasan yang ada di Indodax adalah positif. Topic modeling digunkan untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara data dari dokumen teks metode yang paling populer digunakan untuk pemodelan topik adalah Latent-Dirichlet Allocation (LDA) menggunakan software R Studio.

Kata kunci: Twitter, Analisis Sentimen, Naïve Bayes, Topic Modeling, Kepuasan Konsumen

Subjek

MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS ULASAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN dan TOPIC MODELING (STUDI KASUS: INDODAX)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHANI NUSA LISTYAWAN
Perorangan
SRI WIDIYANESTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen bisnis telekomunikasi informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  Analisis Sentimen 9 February, 2022
hadiyansidik – MUHAMAD HADIYAN SIDIK
Sangat informatif
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini