STEGANOGRAFI AUDIO MENGGUNAKAN TEKNIK MULTI BIT SPREAD SPECTRUM (SS) PADA AUDIO STASIONER BERBASISKAN COMPRESSIVE SAMPLING (CS)

RADEN ZAKIRI ALFASYAHIMKA

Informasi Dasar

22.04.271
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pada era komputer digital, bertukar informasi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari di masyarakat. Namun dalam bertukar informasi tidak luput juga dengan permasalahan kerahasiaan pesan yang harus dirahasiakan. Steganografi audio menjadi salah satu solusi untuk merahasiakan pesan tersebut.

Tugas Akhir ini, merancang Steganografi Audio menggunakan teknik Multi Bit Spread Spectrum (SS) pada audio stasioner berbasiskan Compressive Sampling (CS). Multi Bit SS berfungsi untuk mengkodekan satu bit menjadi beberapa bit data lalu menyisipkan bit watermark dibeberapa bit host hasil pengkodean yang sudah dilakukan. Stationary Wavelet Transform (SWT) digunakan untuk mengubah domain waktu ke domain frekuensi. Compressive Sampling (CS) adalah metode Sampling yang sinyal akuisisi dan kompresi dalam prosesnya diambil sample dengan jumlah sedikit dan acak berdasarkan pada transformasi proyeksi yang digunakan. Tahapan yang akan dilakukan, yaitu menyisipkan file citra ke dalam audio host dengan teknik Multi Bit SS, lalu mengubah domain waktu menjadi domain frekuensi dengan SWT, setelah itu menghasilkan file citra yang sudah di sembunyikan (stego-image) yang kemudian diekstraksi kembali menjadi file citra asli oleh receiver. Hasil perancangan dengan menggunakan parameter optimal yaitu N bernilai 5, LN bernilai 512, Subband bernilai 4, jbsf bernilai 2 dan rps bernilai 15 dan 30, menunjukan steganografi yang telah dirancang bisa tahan terhadap serangan. Hal tersebut dilakukan dengan cara memberikan serangan pengolahan sinyal. Setelah itu menghasilkan nilai BER yaitu 0, nilai SNR melebihi 20 dB yaitu 31.7855 dB, nilai ODG yaitu -0.55006, kapasitas watermark yang tinggi yaitu 307.6172 dan nilai MOS yaitu 4.533.

Kata Kunci : Steganografi Audio, Multi Bit Spread Spectrum (SS), Stationary Wavelet Transfrom (SWT), Compressive Sampling (CS)

Subjek

Signal processing - system analysis
 

Katalog

STEGANOGRAFI AUDIO MENGGUNAKAN TEKNIK MULTI BIT SPREAD SPECTRUM (SS) PADA AUDIO STASIONER BERBASISKAN COMPRESSIVE SAMPLING (CS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADEN ZAKIRI ALFASYAHIMKA
Perorangan
Gelar Budiman, Sofia S
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini