PEMETAAN KOMUNIKASI KEPALA DAERAH MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERKAIT DUKUNGAN PEMERINTAH TERHADAP UMKM (Akun Walikota Kediri Periode 20 Agustus 2019 – 20 November 2020

NIKITA AIDA ALFISYAHRINA

Informasi Dasar

75 kali
22.04.314
004.678
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya intensitas penggunaan mobile dan internet oleh masyarakat khususnya selama pandemi Covid-19, memungkinkan pemerintah untuk menyampaikan segala bentuk informasi pemerintahan termasuk dukungan pemerintah melalui media sosial. Instagram dengan pengguna aktif terbanyak di dunia dan menduduki nomor empat platform paling banyak digunakan di Indonesia merupakan salah satu media sosial yang dimanfaatkan oleh banyak kepala daerah untuk mengkomunikasikan informasi pemerintahan. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai penyokong perekonomian Indonesia termasuk ke dalam salah satu sektor yang terkena dampak pandemi Covid-19. Oleh kerena itu peran Abu Bakar selaku Walikota Kediri dalam mengkomunikasikan dukungan pemerintah terhadap UMKM sangat penting dan berpengaruh terhadap UMKM di Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui skala prioritas area dukungan pemerintah terhadap UMKM dan memetakan tanggapan masyarakat terhadap area dukungan yang dikomunikasikan oleh Abu Bakar selaku Walikota Kediri ke dalam sentimen positif, netral, dan negatif. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pendekatan text mining. Data yang digunakan adalah data caption dan komentar dari akun Instagram Abu Bakar periode 20 Agustus 2019 – 20 November 2020 dengan total sebanyak 17 caption dan 203 komentar. Data diperoleh melalui crawling dan diolah menggunakan tools Python. Hasil dari penelitian menunjukkan 4 dari total 5 area dukungan pemerintah mendapatkan sentimen positif dari masyarakat dengan area dukungan fasilitas mendapatkan skala prioritas paling tinggi dan area dukungan modal usaha mendapatkan skala prioritas paling rendah. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pemetaan area dukungan pemerintah terhadap UMKM di Kota Kediri melalui akun Instagram kepala daerah dan diharapkan dapat menjadi referensi dan acuan bagi penelitian selanjutnya. Penelitian ini memiliki keterbatasan dan kelemahan yang perlu dilakukan analisis lebih lanjut dan ditingkatkan kembali bagi peneliti selanjutnya.

Subjek

Skripsi
 

Katalog

PEMETAAN KOMUNIKASI KEPALA DAERAH MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERKAIT DUKUNGAN PEMERINTAH TERHADAP UMKM (Akun Walikota Kediri Periode 20 Agustus 2019 – 20 November 2020
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NIKITA AIDA ALFISYAHRINA
Perorangan
Grisna Anggadwita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomuniksi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini