Pengaruh Return on Asset, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio Terhadap Non-performing Loan (Studi Pada Perusahaan Keuangan Subsektor Perbankan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

LUQMAN ABDUL HAKIM

Informasi Dasar

22.04.356
332.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perbankan merupakan perusahaan yang memiliki wewenang untuk melakukan simpanan dan menyalurkan kredit kepada masyarakat, dalam menyalurkan kredit terdapat resiko kredit atau non-performing loan. Resiko kredit atau non-performing loan dapat mempengaruhi kinerja dan kesehatan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Return on Asset, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio Terhadap Non-performing Loan studi kasus pada perusahaan keuangan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 42 perusahaan dengan periode penelitian 2016-2019 sehingga terdapat 168 sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 10. Hasil Penelitian ini Return on Asset, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio secara simultan terhadap Non Performing Loan. Return on Asset dan Capital Adequacy Ratio berpengaruh negatif secara parsial terhadap Nonperforming Loan. Loan to Deposit Ratio tidak berpengaruh secara parsial terhadap Non-performing Loan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan dan menguji beberapa variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi non-performing loan (NPL) seperti Net Interest Margin (NIM), Return on Equity (ROE), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), GDP Growth, ukuran perusahaan, dan variabel lainnya. Penelitian selanjutnya dapat juga menambahkan tahun pada objek penelitian. Kata kunci: Non-performing loan, Return on Asset, Capital Adequancy Ratio, Loan to Deposit Ratio.

Subjek

BANK-MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Return on Asset, Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio Terhadap Non-performing Loan (Studi Pada Perusahaan Keuangan Subsektor Perbankan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUQMAN ABDUL HAKIM
Perorangan
Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini