Hotel Mercure Bandung City Centre merupakan salah satu perusahaan jasa perhotelan yang
masuk dalam Umbrella Brand dari Accor. Accor merupakan salah satu perusahaan terbaik di
Eropa yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata. Mercure didirukan pada tahun 1967.
Hotel Mercure Bandung City Centre adalah hotel dengan jenis City Hotel. City Hotel didirikan
di perkotaan, ditujukan untuk masyarakat yang menginap dalam waktu singkat. City hotel
disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang
memanfaatkan fasilitas bisnis yang disediakan hotel tersebut. Branding yang kuat dapat
membuat Hotel Mercure Bandung City Centre menjadi tujuan hotel bagi para wisatawan atau
yang melakukan perjalanan bisnis karena memiliki lokasi sangat strategis. Branding adalah
sebuah metode untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan dan menciptakan sebuah awareness,
branding merupakan nama, istilah, tanda, logo, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang
dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk
membedakannya dari barang atau jasa pesaing. Logo dan corporate identity merupakan suatu
elemen yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan karena logo dan corporate identity
memegang peranan penting dalam mengkomunikasikan citra diri dan identitas suatu
perusahaan. Menurut Kim Kuhteubl, penerapan branding pada interior akan maksimal apabila
menerapkan ketiga aspek interior branding secara seimbang. Aspek clear vision adalah aspek
yang berkaitan dengan kejelasan identitas dan visi / tujuan. Brand identitas Hotel Mercure
memiliki visi, misi dan tagline Generate local tradition yang berarti Hotel Mercure harus
mengangkat budaya lokal pada setiap masing-masing tempat daerah hotel berdiri. Hal ini tidak
dapat dirasakan saat melakukan studi lapangan terhadap Hotel Mercure City Centre Bandung.
Interior branding sebuah hotel tidak hanya terbentuk karena terlihat indah dan unik secara
visual, melainkan juga terbentuk karena suasana hotel yang menyampaikan cerita dan pesan
sebagai tujuannya. . Cerita dan pesan ini mempengaruhi persepsi pengunjung tentang identitas
hotel yang ingin ditampilkan. Tujuan perancangan adalah untuk membuat suasana interior
hotel lebih menonjolkan sisi lokalitas dari Jawa Barat pada hotel.