Kabupaten Pacitan merupakan daerah yang memiliki beragam wisata pantai
yang berpotensi baik, namun dalam komunikasi brandingnya sering ditemui
penerapan tipografi yang kurang dengan prinsip-prinsipnya. Hanya saja
ketersediaan informasi mengenai penggunaan typeface wisata pantai sesuai dengan
prinsip dan teori yang benar sebagai bentuk pedoman atau acuan memang belum
begitu banyak ditemui. Pendekatan pemecahan masalah tersebut melalui buku
sebagai pedoman penggunaan typeface pada komunikasi branding wisata pantai
yang sesuai dengan prinsip dan teori yang benar. Dengan memakai metode seperti
pengumpulan data, observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuisioner yang sesuai
dengan perancangan serta menganalisis datanya menggunakan metode SWOT
untuk mendapatkan hasil konsep perancangan. Dari hasil perancangan yang dibuat,
diharapkan dapat memberi wawasan seputar tipografi dan dapat menjadi acuan atau
pedoman bagi para designer maupun yang sedang dalam proses belajar desain.
Kata kunci: Buku, Pedoman, Typeface, Wisata, Pantai