Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang kaya akan warisan budaya. Salah satunya adalah wedang uwuh. Wedang uwuh merupakan minuman rempah-rempah tradisional yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda DIY. Selain memiliki nilai sejarah yang erat dengan raja, wedang uwuh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya potensi ini tidak diikuti dengan adanya identitas yang melekat pada produk wedang uwuh di pasaran. Sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui wedang uwuh maupun nilai budaya dari minuman ini. Metode yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed method) melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Sementara metode analisis yang digunakan adalah analisis matriks SWOT untuk mendapatkan solusi yang sesuai dengan masalah yang ada. Hasil perancangan kemasan yang mewakili karakteristik kuliner Daerah Istimewa Yogyakarta diperlukan untuk menciptakan produk yang menarik dan mudah dikenali oleh masyarakat, serta sebagai media promosi warisan budaya Daerah Istimewa Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya perancangan ini mampu membantu meningkatkan minat dan wawasan masyarakat terhadap wedang uwuh. Khususnya masyarakat luar Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kata Kunci: Kemasan, Wedang Uwuh, Daerah Istimewa Yogyakarta