PENGOLAHAN MOTIF POLA SIMETRI MENGGUNAKAN BENTUK AKSARA SUNDA UNTUK DIAPLIKASIKAN PADA PRODUK FESYEN

NABILA CHAIRUNNISA

Informasi Dasar

22.04.450
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keberadaan motif pada fashion terus menerus dibutuhkan begitu pula dengan perkembangan pengolahan pola repetisi. Teknik pola simetri yang merupakan teknik dasar dari pola repetisi yang memiliki potensi untuk digunakan dalam menciptakan ragam kreasi bentuk pola yang baru. Pada penelitian sebelumnya sudah dilakukan pengolahan teknik pola simetri menggunakan aksara latin sebagai modul dasar, hal ini dikarenakan bentuk aksara latin yang asimetris, sehingga dapat menciptakan bentuk pola simetri yang beragam. Dengan memanfaatkan unsur lokal seperti aksara Sunda pada pengolahan motif simetri dapat memberikan alternatif baru pada karya cipta motif. Hal tersebut didasari pula pada aksara Sunda yang juga memiliki bentuk asimetris sehingga baik diolah dalam pembuatan motif dengan teknik repetisi simetri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan variasi motif pola repetisi dari bentuk aksara Sunda menggunakan teknik pola simetri yang kemudian diaplikasikan pada produk fashion.

Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan melakukan studi literatur terhadap pola repetisi simetri dan aksara Sunda, analisa visual bentuk aksara Sunda, serta eksplorasi digital bentuk aksara Sunda dengan memanfaatkan empat dasar teknik repetisi pada pola simetri linear.

Dari hasil eksplorasi awal, lanjutan, akhir hingga terpilih yang telah dilakukan, pengolahan motif pada penelitian ini mengangkat konsep perancangan dengan penggayaan primitif geometris yang berjudul “BASAJAN” dengan menghasilkan lima komposisi motif aksara Sunda dengan teknik pola simetri linear yang diaplikasikan pada produk strap shoulder bag dan ikat pinggang.

Kata kunci : Aksara, Geometris, Motif, Pola, Primitif, Sunda.

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

PENGOLAHAN MOTIF POLA SIMETRI MENGGUNAKAN BENTUK AKSARA SUNDA UNTUK DIAPLIKASIKAN PADA PRODUK FESYEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILA CHAIRUNNISA
Perorangan
MORINTA ROSANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini