Seiring berjalannya waktu pasar otomotif meluas ke daerah-daerah seperti di Bandung, pertumbuhan kendaraan
sangat cepat di tambah kehidupan masyarakat yang semakin sibuk dengan aktivitas sehari-harinya menjadikan alat
transportasi sebagai hal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas tersebut. Perkembangan industri otomotif
ini juga sejalan dengan semakin berkembangnya masyarakat yang mempunyai kegemaran dalam karakter
kendaraan seperti vespa yang merupakan kendaraan berjenis skuter dimana perusahaan induk dari Vespa adalah
Piaggio, merek ternama dari Italia. Salah satu hal yang penting bagi sebuah perusahaan untuk dapat memenangkan
suatu persaingan pasar, dalam hal ini keputusan pembelian dari seorang konsumen yang akan timbul setelah
adanya proses evaluasi alternatif.
Tujuan dari enelitian ini adalah untuk melihat pengaruh harga, kualitas produk dan brand community terhadap
keputusan pembelian Vespa Piaggio pada mahasiswa di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner
sebanyak 385 responden dengan sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah pernah membeli sepada
motor Vespa Piaggio, seorang mahasiswa dan berdomisili di Kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan
purposive sampling.
Hasil penelitian tersebut adalah variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda
motor vespa Piaggio, tetapi variabel keualitas produk dan brand community berpengaruh signifikan tehadap
keputusan pembelian. Kemudian untuk keseluruhan variabel pengaruh harga, kualitas produk dan brand
community secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.