Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pertumbuhan usaha di Indonesia
khususnya di bidang kuliner yang tumbuh dengan pesat serta bersaing dengan ketat.
Kuliner menjadi salah satu usaha yang berkembang pesat di kota Bandung. Salah satu
usaha kuliner yang sedang populer di kota Bandung adalah Mie Gacoan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas
layanan terhadap kepuasan pelanggan Mie Gacoan di Kota Bandung.
Berdasarkan jenis penelitian, penelitian ini termasuk ke dalam penelitian
kausalitas atau sebab-akibat. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik probability
sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden kepada
pelanggan yang berdomisili di kota Bandung dan sudah lebih dua kali melakukan
pembelian produk Mie Gacoan. Kemudian, untuk analisis data digunakan analisis
deskriptif dan analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji instrumen (validitas dan
reliabilitas), pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan koefisien determinasi dengan
menggunakan program SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian secara parsial masing-masing variabel harga dan kualitas layanan
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan
kualitas produk berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,403 yang variabel terikat dapat
dijelaskan oleh variabel bebas yaitu harga, kualitas produk dan kualitas layanan
sebesar 40,3% sedangkan sisanya sebesar 59,7% dijelaskan oleh variabel lain yang
tidak diikutsertakan pada penelitian ini.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Pelanggan.