UD Batik Bintang HS merupakan bisnis yang bergerak di bidang
perdagangan kain batik. Persaingan bisnis yang saat ini semakin ketat membuat UD
Batik Bintang HS harus memiliki strategi untuk mempertahankan usahanya. Ada
beberapa faktor yang membuat perusahaan ini harus membuat sebuah strategi, salah
satunya yaitu faktor eksternal yang dimana persaingan pada bisnis perdagangan kain
batik semakin meningkat dan adanya para pesaing yang sudah menggunakan bahan
baku seperti yang dimiliki oleh perusahaan sehingga membuat penjualan menurun.
Dalam mengatasi faktor-faktor tersebut, UD Batik Bintang HS memerlukan strategi
untuk keluar dari kondisi persaingan yang semakin ketat. Menanggapi hal ini, peneliti
membuat rancangan Blue Ocean Strategy untuk UD Batik Bintang HS yang memiliki
manfaat bagi perusahaan dan pelanggan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
eksisting yang terjadi pada perusahaan saat ini, bagaimana rancangan Blue Ocean
Strategy untuk perusahaan, mengetahui manfaat apa yang didapat oleh pelanggan
mengenai strategi yang baru, mengetahui bagaimana implementasi strategi agar
bermanfaat bagi perusahaan. Hasil dari penelitian ini dilihat dari kerangka empat aksi
pada rancangan Blue Ocean Strategy dapat disimpulkan ada 1 atribut yang harus
ditingkatkan,1 atribut yang harus di hapuskan, 1 atribut yang harus di kurangkan dan 3
atribut yang harus ditambahkan. Atribut baru pada rancangan Blue Ocean Strategy ini
yaitu mengganti bahan baku dengan benang rayon dan melakukan inovasi pada motif
dan warna yang belum ada di pasaran. Pada rancangan Blue Ocean Strategy yang di
rancang, dapat menghasilkan manfaat dari perubahan tersebut bagi konsumen dan
perusahaan. Dalam pengimplementasian strategy tersebut, ada beberapa hal yang harus
di perhatikan yaitu memiliki tim yang mampu berkerja sama, memiliki sumber daya
yang cocok dalam menerapkan strategi tersebut. Biaya juga termasuk hal yang sangat
penting dalam menerapkan strategi ini, sehingga perusahaan harus menghitung
anggaran strategi ini dengan baik
Kata kunci: Strategi Bisnis, Blue Ocean Strategy, Value Innovation.