Perkembangan dunia fesyen/pakaian telah melaju dengan begitu pesat terlebih
untuk para pelaku industri pakaian lokal. Produk lokal lebih bisa dihargai oleh
masyarakat seiring dengan meningkatnya kualitas produk lokal yang semakin baik dan
tidak kalah dengan merek-merek luar negeri. Inovasi yang diberikan oleh para pelaku
industri fesyen/pakaian juga diluar ekspetasi orang-orang yang beranggapan merek
lokal tidak bisa bersaing dengan merek dari luar negeri. Pada kenyataannya, merek
lokal bisa bersaing dengan merek luar negeri dan menawarkan harga yang lebih
terjankau dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Hal tersebut membuktikan bahwa
merek lokal lebih pantas untuk dibeli. Berkembangnya merek lokal tidak lepas dari
dukungan masyarakat yang berantusias dan bangga dengan menggunakan merek lokal.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
ekuitas merek (kesadaran merek, presepsi merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek)
terhadap keputusan pembelian online merek Thanksinsomnia.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kausal dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data akan dilakukan kepada para konsumen atau pembeli
Thanksinsomnia dengan menyebarkan kuosioner online. Sampel data tersebut akan
dianalis menggunakan SmartPLS 3.0. Pengambilan sampel yang dilakukan adalah
metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling kepada 115
responden. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ekuitas merek berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam pembelian online merek
Thanksinsomnia. Oleh karenanya, Thanksinsomnia diharuskan untuk terus
meningkatkan kualitas produknya agar dapat mempertahankan ekuitas merek
Thanksinsomnia.