ABSTRAK
Penjualan secara online produk Five Review di marketplace Lazada semakin meningkat di masa pandemi Covid 19. Meningkatknya penjualan diduga dipengaruhi oleh bauran pemasaran atau bisa disebut 4p (Product, price, place, and promotion). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix 4p yang terdiri dari product, price, place, dan promotion terhadap keputusan pembelian di marketplace Lazada secara parsial dan simultan.
Metode pada penelitian ini adalah deskriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel yang dilakukan adalah menggunakan metode accidental sampling , hasil jumlah responden yang didapatkan sebanyak 400 reponden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik dan regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS 0.25.
Hasil pada penelitian ini menunjukan variabel Product, Price dan Promotion memiliki pengaruh dan signifkan terhadap Purchase Decision, tetapi Place tidak memiliki pengaruh terhadap Purchase Decision. Variabel marketing mix 4p yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion berpengaruh secara simultan terhadap Purchase Decision dengan nilai Rsquare 47,7%. Dengan hasil tersebut dinyatakan bahwa produk Five Review harus fokus untuk meningkatkan produk baru yang akan dibuat, menentukan harga yang bisa bersaing dengan produk serupa serta meningkatkan event-event promosi terhadap konsumen produk Five Review.
Kata Kunci: Produk, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Tempat.