ANALISIS CITRA DIRI PADA PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT APLIKASI INSTAGRAM

MAHARANI SHABRINA NUR AQILLA

Informasi Dasar

335 kali
22.04.599
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial berperan penting sebagai sarana untuk mengekspresikan diri atau mengaktualisasikan diri bagi para penggunanya. Salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan untuk mengekspresikan diri saat ini adalah Instagram. Melalui media sosial Instagram, penggunanya dapat mengunggah segala macam kegiatan, baik berupa foto pribadi dan video singkat untuk disampaikan kepada masyarakat luas dalam membentuk citra diri mereka. Pengguna Instagram ingin pengikutnya melihat sisi terbaiknya. Hal ini menimbulkan tuntutan untuk selalu terlihat ideal dan sempurna di Instagram yang akan berdampak pada psikologis penggunanya. Tetapi tuntutan ini menyebabkan tekanan bagi pengguna Instagram sehingga mereka menunjukkan citra diri yang berbeda di media sosial. Dalam penelitian ini membahas analisis citra diri pada Second Account Instagram menggunakan konsep aspek-aspek yang di populerkan oleh Grad (1996) seperti yang telah dikatakan dan dikutip oleh Efendi (2016). Teknik pengumpulan data yang dilakuka meliputi studi pustaka dan studi lapangan (wawancara mendalam, observasi, dokumentasi). Hasil penelitian ini menemukan pengguna Instagram mencari jalan lain untuk menampilkan citra diri lain dirinya di Instagram dengan membuat Second Account Instagram untuk mengurangi tuntutan tersebut sehingga citra diri yang dibangun tidak terganggu.

Kata Kunci: Media Sosial, Citra Diri, Instagram, Akun Kedua

Subjek

BRANDS
BRAND IMAGE,

Katalog

ANALISIS CITRA DIRI PADA PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT APLIKASI INSTAGRAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAHARANI SHABRINA NUR AQILLA
Perorangan
RATIH HASANAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini