Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi pada akun twitter @collegemenfess sebagai media informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui terkait pencarian informasi dan komunikasi dengan autobase twitter @collegemenfess sebagai media informasi dan komunikasi di bidang pendidikan serta mengetahui bagaimana pola komunikasi yang tercipta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif., dengan pendekatan fonemenologi sebagai metode dalam memahami dan menggambarkan sebuah fenomena spesifik yang mendalam dan diperolehnya esensi dari pengalaman hidup Informan. subjek penelitian ini adalah followers autobase @collegemenfess yang berperan aktif dengan menggunakan purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi secara online interview menggunakan beberapa aplikasi media sosial yang diinginkan oleh informan dan diolah serta diklasifikasikan untuk memecahkan dalam unit yang tersusun. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yang terdapat tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini twitter sebagai media dalam berkegiatan mencari informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan, informasi yang didapatkan lebih cepat dan up to date dalam bidang pendidikan, Terdapat empat pola komunikasi pada penelitian ini yaitu pola komunikasi sirkular, pola broker komunikasi, komunikasi hiperinteraktif, dan komunikasi ideal sebagai pola komunikasi yang terjadi dalam komunikasi pada akun twitter @collegemenfess.
Kata kunci: Autobase, Twitter, Pola komunikasi, Education