Analisis Pengaruh Normalisasi Teks pada Klasifikasi Sentimen Ulasan Produk Kecantikan

ZHAFIRAH RIZQY NUR SHABRINA PRASETIJA

Informasi Dasar

84 kali
22.04.682
006.35
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teks ulasan produk adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap sebuah karya. Terdapat banyak jenis teks ulasan produk, salah satunya berupa teks ulasan produk kecantikan yang berfungsi sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas suatu produk kecantikan. Tetapi, banyak teks ulasan produk kecantikan yang menggunakan bahasa informal sehingga diperlukan normalisasi teks. Normalisasi teks merupakan istilah yang digunakan untuk mengkonversi format teks dengan tujuan yang sudah ditentukan. Penggunaan normalisasi teks pada tahap pre-processing biasanya mampu menaikkan kualitas teks ulasan produk kecantikan yang akan diklasifikasi. Pada Tugas Akhir ini, diimplementasikan normalisasi teks untuk ulasan produk kecantikan, dengan tujuan untuk menaikkan kinerja klasifikasi sentimen. Normalisasi teks dilakukan dengan metode berbasis kamus, yang didefinisikan berdasarkan daftar internet slang dan spelling correction. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa dengan normalisasi teks berbasis kamus, terdapat selisih akurasi sebesar 0,54% antara proses klasifikasi tanpa normalisasi teks dan proses klasifikasi dengan normalisasi teks.

Kata kunci : Normalisasi teks, Teks ulasan produk kecantikan, Internet slang, Spelling correction

Subjek

Natural language processing
Text mining,

Katalog

Analisis Pengaruh Normalisasi Teks pada Klasifikasi Sentimen Ulasan Produk Kecantikan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZHAFIRAH RIZQY NUR SHABRINA PRASETIJA
Perorangan
Ade Romadhony, Erwin Budi Setiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini