Pada penelitian tugas akhir ini adalah dengan menerapkan salah satu kecerdasan buatan sebagai landasan dari aksi atau pergerakan NPC dalam game side-scroller shooter sehingga dapat menambahkan pengalaman player saat bermain dengan NPC. Algoritma yang digunakan adalah finite-state machine yang dimana dalam algoritma tersebut terdapat empat dasar atau landasan dari cara kerja yaitu state atau keadaan, event atau kejadian, transition atau transisi, dan action atau aksi. Penelitian ini diharapkan dapat menerapkan algoritma finite-state machine yang diimplementasikan kedalam NPC agar dapat menghasilkan beberapa suatu aksi yang beragam agar game lebih bervariatif dan menantang.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa hasil yang didapatkan dari aksi yang dilakukan beberapa jenis NPC telah sesuai antara state yang dibuat sampai pada action yang dihasilkan untuk merespon tingkah laku dari player. Pengujian tingkat kesulitan dari NPC dilakukan dengan melihat data responden sebanyak 35 orang dan mendapatkan hasil yaitu bahwa sebanyak 18 responden atau 51% responden menilai bahwa NPC yang dihadapi dalam game adalah sulit, dan sebanyak 14 responden atau 40% responden menilai tingkat kesulitan NPC biasa saja, dan sebanyak 3 responden atau 9% menilai tingkat kesulitan NPC adalah mudah.
Hasil pengujian terhadap 35 responden yang terdiri dari 28 orang (berumur 21 sampai 25 tahun), 5 orang (berumur 16 sampai 20 tahun), 1 orang (berumur 10 sampai 15 tahun), dan 1 orang (berumur 26 sampai 30 tahun). bahwa sebanyak 49.8% pemain suka terhadap tema game Unknown Space Cave dan tertarik untuk memainkan game Unknown Space Cave, dan sebanyak 49.8% pemain merasa kesulitan saat melawan enemy dari game Unknown Space Cave.
Kata kunci: Game, NPC, Side scroller shooter, Finite State Machine