Pada era digital yang serba modern ini, media sosial menjadi sarana atau platform untuk menyebarkan
berbagai macam informasi secara mudah. Twitter merupakan salah satunya, twitter sendiri adalah sebuah
media sosial yang bisa menyebarkan suatu informasi melalui tweet (kata kata yang diunggah oleh
pengguna). Tweet bisa mengandung berbagai macam informasi, pembahasan, video, gambar maupun
tautan ke suatu website. Suatu tweet akan disebarkan dari suatu pengguna ke pengguna lainnya dengan
cara me-meretweetnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah suatu tweet akan di
retweet oleh pengguna lainnya dengan menggunakan fitur kontent-based dan time-based dengan metode
klasifikasi naïve bayes serta menggunakan k-fold cross validation dengan nilai k=5 untuk melakukan split
data. Hasil performansi yang didapatkan dengan menerapkan metode tersebut berupa nilai rata-rata
akurasi 61,36%, rata-rata precision yang didapatkan sebesar 65,06%, rata-rata untuk recall sebesar
55,61%, lalu rata-rata untuk f1-score sebesar 50,49%.