Klasifikasi Tanaman Anggrek jenis Phalaenopsis berdasarkan Citra Labellum Bunga Menggunakan Metode Convolutinal Neural Network (CNN)

MUHAMMAD BAIHAQY

Informasi Dasar

22.04.737
006.32
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Anggrek termasuk salah satu tanaman hias yang digemari oleh masyarakat umum dan tidak sedikit penghobi tanaman hias mencoba untuk membudidayakan tanaman ini. Anggrek sendiri memiliki banyak sekali jenis yang seringkali kebanyakan orang agak sulit membedakan satu jenis anggrek dengan jenis lainnya. Sebagai contoh bisa dilihat anggrek jenis Phalaenopsis cornu-cervi dan lamelligera yang memiliki bentuk fisik yang sangat mirip dan sulit dibedakan. Bahkan banyak masyarakat yang menganggap bahwa kedua jenis anggrek tersebut merupakan jenis yang sama. Akan sangat disayangkan apabila keanekaramgaman ini hilang hanya dikarenakan ketidaktahuan akan perbedaan kedua jenis anggrek tersebut. Dalam membudidayakan anggrek pun berbeda tiap jenisnya. Agar keanekaragaman jenis anggrek tersebut tidak hilang dan terbudidayakan secara optimal, penting bagi masyarakat umum untuk lebih mengenal dan mengidentifikasi jenis anggrek yang sedang dibudidayakannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat sistem yang dapat mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan jenis-jenis anggrek agar memudahkan masyarakat umum membudidayakan anggrek secara optimal berdasarkan jenis dan habitat asli anggrek tersebut. Tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi solusi dari semua masalah tersebut. Penelitian yang dikerjakan ini membuat sebuah sistem yang dapat mengklasifikan tanaman anggrek jenis phalaenopsis berdasarkan lip bunga dari data berupa citra dengan menggunakan algoritma Convolutional Neural Network (CNN).

Kata Kunci: Phalaenopsis Cornu-cervii, Phalaenopsis Lamelligera, Convolutional Neural Network

Subjek

NEURAL NETWORKS
 

Katalog

Klasifikasi Tanaman Anggrek jenis Phalaenopsis berdasarkan Citra Labellum Bunga Menggunakan Metode Convolutinal Neural Network (CNN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD BAIHAQY
Perorangan
AGUNG TOTO WIBOWO, DODY QORI UTAMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini