SKEMA ALOKASI SUMBER DAYA RADIO BERDASARKAN ALGORITMA HUNGARIAN DENGAN METODE GEOMETRIC WATER FILLING PADA KOMUNIKASI D2D BERBASIS PD-NOMA

WINDY NATHALIE ONG

Informasi Dasar

22.04.775
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem komunikasi Device-to-Device (D2D) adalah sistem yang memungkinkan dua atau lebih user saling berkomunikasi secara langsung tanpa melibatkan Base Station (BS). D2D dan Cellular User Equipment (CUE) dapat saling berbagi resource yang sama. Penggunaan resource secara bersamaan dapat menimbulkan interferensi yang akan berdampak pada penurunan parameter performansi. Oleh karena itu, sistem komunikasi D2D membutuhkan skema pengalokasian resource dan daya yang efektif untuk mengurangi dampak interferensi yang terjadi.

Untuk mengatasi permasalahan pada sistem komunikasi D2D, maka dirancang skema pengalokasian resource menggunakan algoritma Hungarian dan pengalokasian daya dengan metode Geometric Water Filling (GWF). Penelitian ini dilakukan pada single cell dengan arah komunikasi downlink. Pengalokasian resource dan daya dilakukan dengan memenuhi prinsip dari Power Domain Non-Orthogonal Multiple Access (PD-NOMA).

Setelah melakukan skema pengalokasian kemudian dilakukan perhitungan dan analisis parameter performansi. Hasil yang didapatkan kemudian dibandingkan dengan hasil dari pengalokasian resource menggunakan algoritma Hungarian dengan pengalokasian daya menggunakan metode fixed. Metode GWF memiliki performansi lebih baik sebesar 8.271% untuk total sum data rate, 8.283% untuk efisiensi daya, dan 8.271% untuk efisiensi spektral dibandingkan metode fixed. Metode GWF memiliki nilai rata-rata 2.907 × 10^7 bps pada sum data rate, nilai rata-rata sebesar 2.907 × 10^5 bps/mw pada efisiensi daya, dan nilai rata-rata sebesar 8.075 bps/Hz pada efisiensi spektral.

Subjek

Telecommunication
Radio Engineering,

Katalog

SKEMA ALOKASI SUMBER DAYA RADIO BERDASARKAN ALGORITMA HUNGARIAN DENGAN METODE GEOMETRIC WATER FILLING PADA KOMUNIKASI D2D BERBASIS PD-NOMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDY NATHALIE ONG
Perorangan
NACHWAN MUFTI A., VINSENSIUS SIGIT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini