PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN KOMUNITAS PUSTAKA 1000 LENTERA DENGAN MODEL WATERFALL

NURUL ARIFIN ARISTARINI

Informasi Dasar

22.04.811
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pustaka 1000 Lentera merupakan komunitas literasi yang menyediakan layanan perpustakaan berbasis daring, seperti peminjaman, perpanjangan peminjaman, pengembalian, dan donasi buku. Layanan dapat diakses dengan menggunakan sosial media Instagram dan WhatsApp. Saat ini, komunitas mengalami kesulitan dalam mengelola data koleksi buku serta layanannya. Didasarkan pada permasalahan tersebut, Tugas Akhir ini disusun dengan tujuan untuk merancang Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang dapat membantu memudahkan Pustaka 1000 Lentera dalam pengelolaan data serta layanannya.

Perancangan SIM dilakukan menggunakan model Waterfall. Dalam proses perancangan ini, dilakukan analisis stakeholder, proses bisnis, kebutuhan fungsional sistem yang ingin dirancang. Selanjutnya, dilakukan dua perancangan yaitu perancangan proses bisnis baru usulan dan perancangan sistem. Perancangan proses bisnis merupakan rancangan layanan susulan, yaitu Titip Katalog, beserta alur proses jalannya layanan tersebut. Lalu, perancangan sistem dilakukan dengan menentukan spesifikasi sistem, fitur, dan membuat dokumentasi sistem dengan Unified Modelling Language (UML). SIM dibuat dalam bentuk website yang dapat digunakan oleh Admin dan Member perpustakaan. Pengujian sistem dilakukan dengan blackbox testing dan User Acceptance Testing untuk menguji fungsionalitas sistem dan kesesuaian sistem dengan kebutuhan stakeholder.

Hasil dari Tugas Akhir ini berupa sistem yang dapat membantu mengelola data koleksi katalog buku dan layanan dari Pustaka 1000 Lentera. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang dilakukan didapatkan bahwa sistem sudah dapat berjalan sesuai fungsi dan memenuhi kebutuhan yang diharapkan oleh stakeholder.

Kesimpulan dari Tugas Akhir ini dihasilkan sistem pada komunitas Pustaka 1000 Lentera yang dapat memudahkan Pustaka 1000 Lentera dalam mengelola data koleksi buku dan layanan yang disediakannya. Sistem ini diharapkan dapat terus dikembangkan, terutama dari segi fitur dan visualnya.

Subjek

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN KOMUNITAS PUSTAKA 1000 LENTERA DENGAN MODEL WATERFALL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL ARIFIN ARISTARINI
Perorangan
LUCIANA ANDRAWINA, AUGUSTINA A. RUMANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini