PERANCANGAN KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA PT XYZ PADA PRODUKSI ROLLER CONVEYOR DENGAN PENDEKATAN WAKTU BAKU

FAJAR MUHAMMAD ASRI

Informasi Dasar

22.04.818
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan sebuah perusahaan yang dimulai dari sebuah workshop yang melayani pekerjaan machining komponen dan fabrikasi peralatan untuk industri serta menjadi supplier berbagai komponen kendaraan bermotor dan permesinan. Saat ini PT XYZ telah memproduksi roller conveyor sebagai salah satu produknya. Kapasitas produksi PT XYZ terhadap roller conveyor sangat sulit memenuhi demand produksi untuk setiap bulannya. Disamping itu, dengan hanya terdapat dua karyawan yang bertanggung jawab atas proses produksi serta belum adanya waktu baku menjadikan proses produksi mengalami masalah yang berkaitan dengan waktu. Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan sumber daya manusia untuk mendapatkan jumlah manusia yang tepat agar produksi dapat berjalan menuju pemenuhan demand produksi PT XYZ.

Untuk dapat memaksimalkan produksi roller conveyor, perlu dilakukan evaluasi terhadap salah satu aspek terpenting yang dapat mempengaruhi keseluruhan masalah. Evaluasi dilakukan terhadap jumlah sumber daya manusia dimana dilakukan perancangan sumber daya manusia untuk mengetahui jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk memenuhi demand produksi. Hal ini juga dapat menyelesaikan permasalahan lainnya, seperti perhitungan waktu baku dan perencanaan jumlah mesin yang dibutuhkan sebagai dasar perencanaan sumber daya manusia dengan diikuti oleh jumlah mesin. Dalam proses evaluasi diperlukan data primer dan data sekunder yang dilanjutkan dengan pengukuran data stopwatch time study untuk kemudian dibawa dalam perancangan. Dalam perancangan dilakukan uji keseragaman data terhadap hasil pengukuran yang dilanjutkan dengan uji kecukupan data sehingga mendapatkan waktu siklus. Kemudian ditentukan performance rating dengan metode westing house, dilanjutkan dengan perhitungan waktu normal dan allowance yang menjadi masukan untuk perhitungan waktu baku. Setelah mendapatkan waktu baku, maka dapat dilakukan perhitungan jumlah karyawan dengan mengalikan waktu baku dengan demand selama satu bulan yang kemudian dibagi dengan waktu kerja selama satu bulan.

Perancangan terhadap sumber daya manusia menghasilkan usulan jumlah operator untuk setiap stasiun kerjanya yaitu, penambahan empat operator pada stasiun kerja M1, empat operator pada stasiun kerja M2, 1 operator pada stasiun kerja QC, dan 1 operator pada stasiun kerja Packaging.

Subjek

PERSONEL MANAGEMENT
QUALITY MANAGEMENT,

Katalog

PERANCANGAN KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA PT XYZ PADA PRODUKSI ROLLER CONVEYOR DENGAN PENDEKATAN WAKTU BAKU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAJAR MUHAMMAD ASRI
Perorangan
LITASARI WIDYASTUTI SUWARSONO, ATYA NUR AISHA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini