PERANCANGAN STRATEGI POSITIONING UMKM KONVEKSI DRACO VENDOR BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENTION SCALING (MDS) DAN SWOT ANALYSIS

DIMAS TRIANTO

Informasi Dasar

102 kali
22.04.827
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Draco Vendor merupakan salah satu UMKM konveksi di Sidoarjo yang telah berdiri sejak 2019. Saat ini Draco Vendor memiliki beberapa gejala permasalahan yang diantaranya adalah target penjualan yang terpenuhi dalam 12 bulan terakhir hanya 4 bulan saja, rendahnya brand awarness konsumen terhadap Draco Vendor, dan tidak adanya diferensiasi produk dengan UMKM konveksi lainnya. Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut dapat diketahui bahwa Draco Vendor memiliki permasalahan terkait lemahnya citra brand Draco Vendor dalam persepsi konsumen. Untuk dapat memenangkan persaingan diperlukannya pengembangan yang berkelanjutan salah satunya yaitu membangun competitive differentation dengan merancang strategi positioning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi atribut yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli produk dari UMKM konveksi, yaitu harga produk, kualitas produk material, lokasi, reputasi brand, lama pengerjaan & pengiriman, informasi promo, variasi jenis produk, kapasitas produksi, dan kualitas layanan. (2) Memperlihatkan positioning UMKM konveksi Draco Vendor dengan kompetitornya berdasarkan perceptual mapping menggunakan multidimensional scaling (3) Melakukan perancangan sistem integrasi dan positioning untuk perbaikan Draco Vendor. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability dengan metode Snowball Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 240 responden. Melalui perceptual mapping, diperoleh 3 wilayah persaingan. Draco Vendor berada pada wilayah yang sama dengan PT. Amanah Garment. Penelitian ini menghasilkan tiga atribut persaingan yaitu informasi promo, kualitas produk dan material, dan harga produk. Hasil dari penelitian ini berupa strategi positioning pada atribut untuk menjadi dasar rekomendasi perbaikan positioning dan pertimbangan yang akan dicapai oleh Draco Vendor.

Subjek

STRATEGI PEMASARAN
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI POSITIONING UMKM KONVEKSI DRACO VENDOR BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENTION SCALING (MDS) DAN SWOT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS TRIANTO
Perorangan
BUDI PRAPTONO, BOBY HERA SAGITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini