Perupa-perupa di Indonesia membentuk kelompok-kelompok seni untuk mengembangkan kesenian serta budaya dalam menghadapi perubahan jaman. Kelompok seni ini menjadi ajang perupa untuk bertukar pikiran hingga mengembangkan potensi daerah. Kelompok seni hadir tersebut salah satunya hadir di Klaten dengan nama “Paguyuban Senirupawan Klaten”. Namun sangat disayangkan Paguyuban ini kurang dikenal oleh masyarakat Klaten sendiri. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner, serta studi pustaka. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan STP dan matriks perbandingan. Hasil perancangan identitas visual sangat diperlukan untuk menciptakan citra di masyarakat serta membantu promosi dari Perkumpulan seni rupawan ini. Perancangan ini difokuskan pada unsur daerah Klaten sebagai acuan dalam visualisasi media yang meliputi logo, poster, flyer, banner, katalog, dan media pendukung lainnya. Diharapkan dengan perancangan ini akan membantu Perkumpulan Senirupawan asal Klaten ini untuk lebih dikenal dan membuat masyarakat Klaten sendiri bangga.
Kata kunci : Pasren, Perkumpulan Seni Rupa, Identitas visual, Media promosi