Josh Gandos Bakery merupakan bisnis yang bergerak dibidang industri roti yang menjual berbagai macam jenis roti dan kue tradisional yang berdomisili di Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis baru bagi Josh Gandos Bakery dengan melakukan analisis strategi bisnis menggunakan pendekatan analisis SWOT. Persaingan bisnis yang terjadi saat ini membuat Josh Gandos Bakery harus membuat strategi untuk mengembangkan bisnisnya terutama di era digitalisasi saat ini.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana data di peroleh melalui wawancara dan dokumentasi. Penentuan narasumber menggunakan teknik purposive sampling dan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Penjelasan analisis lingkungan internal menggunakan analisis bagian atau departemen yang ada di Josh Gandos Bakery yaitu, pemasaran, keuangan, produksi, sumber daya manusia dan sistem informasi manajemen. Untuk analisis lingkungan eksternal Josh Gandos Bakery menggunakan teori Porter Five Force. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan matrik SWOT yang nantinya akan menghasilkan rumusan beberapa alternatif strategi untuk Josh Gandos Bakery.
Setelah melakukan analisis tersebut, peneliti merumuskan untuk strategi pengembangan bisnis yang di susun berdasarkan strategi generik Porter. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan untuk strategi pengembangan bisnis Josh Gandos Bakery yang paling tepat yaitu strategi kepemimpinan biaya rendah dan differensiasi.
Kata Kunci : analisis SWOT, matriks SWOT, strategi pengembangan bisnis, porter five forces models