ABSTRAK
IMPLEMENTASI BRANDING GRAVIKGRAM PADA MEDIA PROMOSI
Oleh: Milla Nurdiana
NIM 109300078
Bahasa gambar memiliki peran besar dalam kehidupan manusia, dan dianggap jauh lebih komunikatif daripada bahasa lisan ataupun tulisan karena melalui gambar kita dapat memetakkan imajinasi orang lain pada satu hal. Namun, kemampuan berkomunikasi secara visual kurang mendapat perhatian di sekolah-sekolah di Indonesia. GRAVIKGRAM merupakan sebuah wadah edukasi di bidang art and design dalam bentuk workshop. Dengan diadakannya GRAVIKGRAM, diharapkan ke depannya akan semakin banyak artist berkualitas dan dapat terjun ke industri kreatif dengan skill dasar yang kuat. GRAVIKGRAM merupakan produk yang baru dan membutuhkan branding yang tepat.
Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara, dan observasi. Berdasarkan data dan analisis, diperlukan perancangan identitas yang tepat sesuai image GRAVIKGRAM dan penerapan yang sesuai pada media promosinya.
Konsep kreatif dalam perancangan ini adalah membuat nuansa bercirikan GRAVIKGRAM yang diterapkan pada logo, tagline, maskot, ilustrasi dalam perancangan, dan warna yang ditampilkan. Media yang akan dirancang adalah logo, website, poster, t-shirt, mural car, dan brosur. Perancangan ini diharapkan mampu menanamkan branding GRAVIKGRAM dan mempromosikannya kepada khalayak supaya semakin banyak orang-orang yang mempelajari art fundamental.
Kata kunci: branding, gravikgram, promosi, art education