PERANCANGAN MAINAN ANTI STEREOTIP GENDER

UMAR ABDULLAH AZIZ

Informasi Dasar

90 kali
22.04.1019
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Adapemisahanbesarantarapriadanwanita,danprosesstereotipgendersudahdimulaidari semenjak kecil. Mainan adalah salah satu elemen penting yang membantu membentukstereotipgenderdiusiadiniseseorang.Anaklaki-lakiakandisuguhkandenganrobot,mobil-mobilan, mainannya pun cenderung berwarna hitam atau biru. Sementara anak perempuanlebih disuguhkan mainan boneka, masak-masakan, dan cenderung berwarna merah mudaatau kuning. Hal ini akan membentuk stereotip dan terbawa hingga dewasa, yang akhirnyaakan kembali melakukan hal yang sama terhadap anak-anaknya kelak. Metode penelitianuntukperancanganinimenggunakanmetodekualitatifdanjugadilakukansurveidanwawancara untuk lebih memahami kondisi lapangan dan bagaimana pendapat masyarakatterutama anak-anak dan orang tuanya. Perancangan ini ingin mencoba untuk membuat anaklebih leluasa bermain dengan berbagai macam pilihan yang disukainyadan juga inginmengedukasi anak tentang keberagaman hal atau profesi seseorang tanpa batasan gender.Karenaitulahperancanganmainaniniakanmemfokuskanuntukmemvisualisasikankeberagamansuatuprofesidanwarnayangsecaratradisionaltidakcocokdengangendernyadalam bentuk puzzle figure, dan dari setiap bagian-bagian figure yang nantinya anak akanmenyusunnya sendiri untuk memilih dan membentuk suatu karakter secara bebas apa yangiasuka.

Kata**** kuci:Stereotip,mainan,warna,profesi,laki-laki,perempuan.

Subjek

ART PRODUCT
 

Katalog

PERANCANGAN MAINAN ANTI STEREOTIP GENDER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UMAR ABDULLAH AZIZ
Perorangan
ASEP SUFYAN MUHAKIK ATAMTAJANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini