Berdasarkan penelitian cara efektif agar informasi tersebut mudah dipahami yaitu dengan cara membuat suatu
informasi tersebut semenarik mungkin agar menarik minat pembaca untuk lebih mengenal informasi tersebut,
disamping itu informasi yang menarik akan mudah dipahami dan diingat oleh pembaca. Aplikasi ini dibuat untuk
siswa Sekolah Menengah Kejuruan dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan serta dapat digunakan
untuk umum. Pada aplikasi ini akan menampilkan objek 3D dari beberapa materi yang terdapat pada silabus
Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, seperti Siklus Motor Bensin 2 Langkah, Siklus Motor Bensin 4
Langkah, Jacking, Blocking, & Lifting serta cara kerjanya. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, semua
konten dan sistem yang telah dibuat dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan, Aplikasi Pembelajaran Teknik
Kendaraan Ringan ini dapat berjalan dengan baik pada jarak optimal pengambilan marker pada jarak 20-40cm dan
sudut 0? dan sudut 45?. Pengujian delay yang dilakukan memberikan hasil yang beragam. Hal ini dapat terjadi
karna beberapa faktor seperti intensitas cahaya, sudut dan jarak. Rata-rata delay pada kondisi pencahayaan terang
sebesar 0.576 detik, sedangkan pada pencahayaan redup sebesar 0.621 detik dan menghasilkan rata-rata delay total
sebesar 0.599 detik. Dengan nilai MOS rata-rata yang didapat nilai MOS 4.15 untuk kebutuhan aplikasi AR dan
nilai MOS 4.5 untuk manfaat aplikasi AR.
Kata kunci : Augmented Reality, Pembelajaran, Teknik Kendaraan Ringan