Pandanaran Art Festival merupakan sebuah event tahunan bertema budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Event ini pertama diselenggarakan pada tahun 2010 dengan konsep awal menyuguhkan berbagai Usaha Kecil Menengah yang ada di Semarang dan pada tahun 2012 konsep diubah dengan lebih menampilkan keragaman budaya yang ada di Semarang. Meskipun terjadi kenaikan jumlah pengunjung, tetapi karena promosi yang kurang tepat sasaran membuat event ini masih belum mencapai target. Sehingga diperlukan perubahan dari sisi promosi untuk lebih membuat masyarakat kenal dengan Pandanaran Art Festival.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka yang didapatkan data bahwa dibutuhkan perancangan baru pada segi promosi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas event Pandanaran Art Festival.
Konsep perancangan kali ini adalah “Pelangi Budaya Semarangan”, yang menggambarkan keragaman budaya di Semarang sebagai sebuah kesatuan yang indah. Perancangan promosi event ini menggunakan identitas dari kebudayaan Jawa, Cina, Arab dan Belanda serta ragam hias sebagai acuan dalam visualisasi media promosi yang meliputi logo event, poster, baliho, x-banner, umbul-umbul, iklan majalah, iklan surat kabar, dan media pendukung lainnya. Diharapkan perancangan ini dapat membantu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam merancang promosi event yang lebih baik yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan event Pandanaran Art Festival.
Kata kunci : Art Festival, Promosi Event, Kebudayaan, Desain Promosi.
?