Permasalahan yang menimpa Bank Mandiri terkait dengan perihal layanan eror-nya Bank Mandiri yang
terjadi pada tanggal 20 Juli 2019, ternyata mempengaruhi saham Bank Mandiri pada pembukaan
perdagangan pada tanggal 22 Juli 2019 turun sebanyak 0,95 persen dari harga awal dan penurunan terus
belanjut hingga mencapai 1,27 persen dari harga sebelumnya. Dengan mencari keterhubungan korelasi
antara sentimen opini para pengguna Twitter atau media berita online seperti CNN, Detik, Liputan 6,
Stockbit, CNBC, Tempo, dan Youtube dengan harga saham Bank Mandiri (BMRI). Penerapan text mining
untuk memperoleh data, dan optimalisasi model dengan metode klasifikasi Logistic Regression dan
ekspansi fitur dengan model FastText untuk mengurangi adanya ketidakcocokan kosakata pada suatu
data tekstual, guna memprediksi suatu sentimen data yang dikumpulkan. Lalu melakukan uji korelasi
dengan menggunakan metode Pearson Correlation Coefficient terhadap prediksi sentimen dengan harga
saham pada periode Mei hingga September akhir tahun 2019. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat
kepuasan nasabah terhadap suatu layanan Bank Mandiri dengan keterhubungan harga saham Bank
Mandiri tersebut. Untuk pencapaian akurasi pada skenario optimalisasi model dengan penerapan
klasifikasi Logistic Regression dan pengimplementasian ekspansi fitur dengan model FastText pada
skenario split data sebesar 90% data training dan 10% data testing didapatkan akurasi sebesar 71.8%.
Setelah dilakukannya penerapan optimalisasi model pada sentimen negatif dan sentimen positif, dapat
diketahui sentimen negatif memiliki korelasi paling tinggi terhadap pergerakan saham BMRI pada
periode Mei hingga akhir September 2019.
Kata Kunci: analisis sentimen, text mining, Logistic Regression, FastText, Pearson Correlation Coefficient