ABSTRAK
PERANCANGAN IDENTITAS DAN MEDIA INFORMASI TAMAN
KUPU – KUPU CIHANJUANG DI KABUPATEN BANDUNG
Oleh :
Fraya Octafianty
NPM. 109300066
Taman Kupu – Kupu Cihanjuang merupakan sebuah taman konservasi di Kabupaten Bandung. Taman ini merupakan salah satu bentuk pelestarian populasi kupu – kupu di Jawa Barat yang populasinya mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Selain berupa taman pelestarian, Taman Kupu – Kupu Cihanjuang pun memberikan edukasi tentang siklus perkembangan kupu-kupu mulai dari telur hingga menjadi kupu-kupu yang indah. Banyak masyarakat yang mengetahui Taman Kupu-Kupu Cihanjuang hanya sebagai lokasi wisata saja padahal taman ini memiliki manfaat edukasi berupa pembudidayaan kupu – kupu khususnya di Jawa Barat. Maka dari itu agar Taman Kupu – Kupu Cihanjuang ini dikenal oleh masyarakat sebagai lokasi wisata yang memiliki manfaat edukasi diperlukan identitas baru untuk menyegarkan citra Taman Kupu – Kupu Cihanjuang, maka penulis mengajukan Perancangan Identitas Dan Media Informasi Taman Kupu – Kupu Cihanjuang sebagai solusi.
Pengumpulan data pada perancangan ini terdiri dari observasi, study pustaka, wawancara dan kuisioner. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan media komunikasi visual yang dapat membantu memperkuat image Taman Kupu-Kupu Cihanjuang menjadi lokasi wisata yang berorientasi edukasi di Kabupaten Bandung. Konsep kreatif yang diterapkan pada perancangan ini adalah pendekatan yang bersifat fun education. Perancangan Identitas Dan Media Informasi Taman Kupu-Kupu Cihanjuang ini fokus mulai dari perancangan logo, perancangan sign system dan seragam sebagai media alternatif. Melalui perancangan ini diharapkan dapat menyegarkan kembali image Taman Kupu-Kupu Cihanjuang sebagai taman wisata yang memiliki manfaat edukasi di benak masyarakat.
Kata Kunci : Identitas, Logo, Sign System, Taman Kupu-Kupu Cihanjuang