PERANCANGAN VISUAL MEDIA KAMPANYE PILAR "NATURE" PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY "PLANET 21" HOTEL NOVOTEL SEMARANG

NURINTAN BELLADINA

Informasi Dasar

13.04.637
659.113
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PERANCANGAN VISUAL MEDIA KAMPANYE PILAR “NATURE” PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “PLANET 21” HOTEL NOVOTEL SEMARANG

Oleh Nurintan Belladina NPM: 109300082

Seiring berkembangnya zaman, Corporate Social Responsibility mulai bergeser pada kesadaran setiap institusi untuk menggunakan kegiatan Corporate Social Responsibility sebagai salah satu strategi bisnis yang menjanjikan. Kini setiap perusahaan seperti berlomba-lomba melakukan kegiatan CSR untuk mencapai tujuan tertentu. Begitu juga dengan Novotel Semarang, namun karena kurangnya sosialisasi maka baik Novotel Semarang maupun target dari program CSR tersebut kurang mendapat manfaat yang diberikan. Perancangan ini menggunakan beberapa cara pengumpulan data seperti kuesioner, wawancara dan observasi serta menganalisa data yang didapat menggunakan analisis SWOT dan AIDA, maka didapat kesimpulan bahwa solusi dari permasalahan diatas adalah dengan mengkampanyekan program CSR “Planet 21” dengan cara-cara yang tepat agar tujuan yang diinginkan tercapai. Strategi yang digunakan dalam kampanye sesuai tahapan kampanye Conditioning, Informing dan Reminding. Pada tahap conditioning target dikondisikan dalam suasana yang dapat menerima pesan yang akan disampaikan, pada tahap informing target diberi informasi agar paham dan yakin mengenai program CSR yang dikampanyekan, kemudian pada tahap reminding target yang sudah matang dan menyerap informasi dengan baik diberi simulasi untuk tetap mengingat pesan yang disampaikan melalui cara tertentu. Tujuan dilakukannya kampanye ini adalah untuk memaksimalkan manfaat yang diberikan oleh program CSR “Planet 21” bagi masyarakat luas sebagai target program CSR dan bagi Novotel Semarang tentunya sebagai penyelenggara program CSR dan kampanye. Karena perkembangan Corporate Social Responsibility menjadi hal yang penting bagi perusahaan, maka diperlukan pendekatan komunikasi untuk memaksimalkan impact dari aktifitas kampanye yang dilakukan. Dengan menggunakan analisis AIDA kemudian menuangkannya melalui ilustrasi, tipograsi, layout dan warna yang tepat serta penggunaan media yang tepat pula, diharapkan informasi yang diberikan melalui hasil perancangan dapat meningkatkan kepedulian target dan pada akhirnya akan membawa manfaat bagi masyarakat maupun perusahaan. Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Kampanye Sosial, Media Visual, Komunikasi Visual.

Subjek

DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN VISUAL MEDIA KAMPANYE PILAR "NATURE" PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY "PLANET 21" HOTEL NOVOTEL SEMARANG
 
xii, 101p.: il.; 21,5cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURINTAN BELLADINA
Perorangan
Mohamad Tohir ; Dicky Hidayat
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini