PERANCANGAN MEDIA INFORMASI MUSEUM JALESVEVA JAYAMAHE SURABAYA

KHAIRANA IRDIANSYAH

Informasi Dasar

13.04.639
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Monumen Jalesveva Jayamahe atau biasa disingkat menjadi MONJAYA. Terletak di daerah Ujung Surabaya, tepatnya di dalam basis Angkatan Laut wilayah timur. Monumen yang dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan 5 desember 1996 mempunyai tinggi 31 meter dan berdiri di atas bangunan museum setinggi 29 meter. Monumen ini berisi tentang sejarah Indonesia sebagai negara maritim, peta lokasi museum, sejarah angkatan laut Indonesia, foto-foto yang mendokumentasikan kapal-kapal perang milik Indonesia sejak jaman dulu, replika kapal Dewaruci yang menjadi kebanggaan Indonesia dan masih banyak lagi. Mengingat MONJAYA dapat menjadi suatu tempat wisata sekaligus tempat edukasi yang potensial diperlukan perancangan media informasi yang tepat untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang keberadaan museum ini karena museum ini kurang dikenal oleh masyarakat dan juga para wisatawan.

Dari metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi langsung, wawancara terstruktur dan studi pustaka, didapatkan data bahwa dibutuhkan suatu media informasi yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di dalam ataupun di luar kota Surabaya terhadap keberadaan MONJAYA.

Konsep perancangan yang akan digunakan adalah “Join The Navy to See The World”, yang artinya adalah bergabunglah dengan Angkatan Laut maka anda dapat berkeliling dunia. MONJAYA ini merupakan salah satu media bagi Angkatan Laut dalam mewujudkan salah satu misinya yaitu menarik minat anak remaja khususnya yang akan lulus SMA untuk bergabung dengan Angkatan Laut . Perancangan media informasi MONJAYA sendiri menerapkan unsur – unsur ciri khas dari museum dan Angkatan Laut, seperti patung dan warna-warna yang berhubungan dengan laut. Media informasi yang akan digunakan pada perancangan ini adalah Brosur, Sign System dan souvenir yaitu kaos, gantungan kunci, pin, mug dan stiker. Diharapkan perancangan ini dapat membantu pihak Angkatan Laut dan MONJAYA dalam mewujudkan visi misinya dan memecahkan masalah media informasi yang ada.

Subjek

MEDIA OF COMMUNICATION
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI MUSEUM JALESVEVA JAYAMAHE SURABAYA
 
xii, 83p.: il.; 21,5cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIRANA IRDIANSYAH
Perorangan
DIDIT WIDIATMOKO SUWARDIKUN ; Lia Yuldinawati
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini