IMPLEMENTASI METODE CLUSTERING MENGGUNAKAN ALGORITMA ROCK UNTUK REKOMENDASI PERTEMANAN PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ELEKTRONIK SOSIAL DESA

TIMMIE SISWANDI

Informasi Dasar

22.04.1202
003.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi membuat gaya hidup di masyarakat menjadi berubah. Munculnya teknologi informasi maupun sarana dan prasarana membuat teknologi menjadi hal yang sulit untuk dispisahkan dalam masyarakat. Perkembangan ini juga berdampak pada masyarakat desa dengan banyaknya penggunaan alat teknologi informasi dan layanan internet yang digunakan di desa.

Berkembangnya teknologi informasi di desa, membuka peluang menjadi desa pintar dengan teknologi informasi untuk mencapai peningkatan kualitas hidup, efisiensi dan daya saing dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan adanya desa cerdas, diharapkan dapat membantu perkembangan pendidikan dan pembelajaran, sehingga dapat menciptakan masyarakat cerdas, melalui media pembelajaran online (E-Learning). E-Learning tidak hanya sebatas belajar secara formal, secara informal baik untuk saling bertukar pengetahuan dan informasi antar masyarakat desa, sehingga terjadi pembelajaran sosial.

Pada tugas akhir ini, dilakukan pengembangan aplikasi Social e-Learning yang sudah dibuat pada penelitian sebelumnya dengan menambahkan fitur rekomendasi teman yang dilakukan menggunakan Artificial Intelligence(AI) melalui implementasi metode clustering ROCK algoritma. Aplikasi yang sudah ditambahkan fitur rekomedasi pertemanan akan diubah menjadi aplikasi Social e-Learning desa. Dengan penambahan fitur rekomendasi teman diharapkan pengguna dari aplikasi bisa mendapatkan rekomendasi teman dengan ketertarikan terhadap penulisan artikel yang mirip dan dapat saling bertukar informasi atau ilmu pengetahuan satu dengan yang lain.

Kata kunci : E-Learning, Social e-Learning, Artificial Intelligence(AI), clustering, ROCK Algorithm

Subjek

CYBERNETICS
 

Katalog

IMPLEMENTASI METODE CLUSTERING MENGGUNAKAN ALGORITMA ROCK UNTUK REKOMENDASI PERTEMANAN PADA APLIKASI PEMBELAJARAN ELEKTRONIK SOSIAL DESA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIMMIE SISWANDI
Perorangan
SENO ADI PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini