PEMANFAATAN RAGAM MOTIF BATIK UNTUK ORNAMEN DEKORATIF CASING SMARTPHONE

AFRIZAL RAHADIAN S

Informasi Dasar

13.04.642
745.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PEMANFAATAN RAGAM MOTIF BATIK UNTUK ORNAMEN DEKORATIF CASING SMARTPHONE

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang memiliki keberagaman corak yang khas, motif yang unik serta mempunyai filosofi dan nilai histotikal yang kuat. Selain corak dan motif juga mempunyai filosofi dan nilai historikal yang tinggi. Batik saat ini mulai tergeser dengan adanya motif-motif baru dari luar negeri serta nilai-nilai filosofis batik mulai kurang diperhatikan sehingga butuh adanya upaya pelestarian batik melalui cara yang lebih modern namun juga tetap memperhatikan filosofi dari motif batik tersebut.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, studi pustaka, wawancara mendalam dan wawancara terstruktur didapat bahwa dibutuhkan cara penerapan motif batik yang lebih modern melalui casing smartphone yang sedang menjadi trend berbagai kalangan masyarakat perkotaan.

Konsep perancangan kali ini adalah melestarikan motif batik dengan casing smartphone yang berarti etnik namun tetap modern. Perancangan menggunakan casing smartphone dari perusahaan BatikGeek yang menggunakan material alami namun tetap ramah lingkungan material tersebut yaitu adalah bambu. Motif tersebut akan diterapkan pada casing dan pada berbagai media pendukung sebagai penyampai nilai-nilai dari motif batik tersebut. Diharapkan dari perancangan ini dapat membantu perusahaan BatikGeek dalam merancang motif pada produk dan media penerapannya agar nilai motif batik dapat tersampaikan ke konsumen.

Kata kunci : Motif Batik, Kebudayaan Indonesia, Casing smartphone

Subjek

DESIGN AND DECORATION OF ACCESSORIES
 

Katalog

PEMANFAATAN RAGAM MOTIF BATIK UNTUK ORNAMEN DEKORATIF CASING SMARTPHONE
 
xi, 56p.: il.; 21,5cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFRIZAL RAHADIAN S
Perorangan
DIDIT WIDIATMOKO SUWARDIKUN ; Lia Yuldinawati
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini