Sapatos Clean & Shoes adalah sebuah usaha di bidang jasa pencucian sepatu, tas dan topi yang berfokus pada pelayanan jasa pembersih sepatu, tas dan topi. Sapatos Clean & Shoes yang sudah berdiri sejak 2017 berlokasi Taman Wisma Asri, Jalan Lingkar Utara RT 005 / RW 023, Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat. Tingginya ketertarikan masyarakat terhadap dunia fashion semakin tinggi pula persaingan dengan usaha sejenis. Hal ini menekan para pelaku usaha untuk terus memiliki strategi dalam menghadapi persaingan dengan para pelaku usaha sejenis. Maka dari itu usaha Sapatos Clean & Shoes ingin menerapkan suatu strategi pemasaran usaha dengan menggunakan metode analisis yang digunakan adalah matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evalution (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE), matriks SWOT (Strength, Weakness, opportunity, threat) dan matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
Berdasarkan hasil analisis diatas yaitu pembuatan rumusan alternatif strategi dengan menggunakan matriks SWOT dengan menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari usaha Sapatos Clean & Shoes. Berdasarkan matriks SWOT tersebut didapatkan sebanyak tujuh alternatif strategi. Selanjutnya adalah tahap pengambilan keputusan menggunakan matriks QSPM dan diperoleh satu prioritas alternatif strategi bagi usaha Sapatos Clean & Shoes adalah meningkatkan kualitas pelayanan dengan memaksimalkan pelayanan antar jemput dengan total skor daya tarik atau skor TAS sebesar 5,464.
Kata Kunci : Usaha Sapatos Clean & Shoes, Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM