RE-DESAIN BUKU SAKU TANGGAP TANGKAS TANGGUH MENGHADAPI BENCANA

DESKY ARRY NUGRAHA

Informasi Dasar

13.04.646
741.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Re-Desain Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana

Oleh Desky Arry Nugraha NIM: 109300012

Gunung Api merupakan bencana alam yang terbentuk karena adanya aktifitas tektonik yaitu bertemunya lempeng besar dunia yang saling bergesekan, dimana lempeng samudra menusuk masuk ke lempeng benua. Dari pergerakan lempeng tersebut, batuan-batuan berupa padatan berubah menjadi fluida magma yang jika terkumpul menjadi dapur magma. Jika terus berkembang dan adanya lipatan, retakan lapisan bumi, maka muncullah gunung api. Indonesia merupakan termasuk dalam wilayah Ring Of Fire yang membuat banyaknya gunung api masih aktif sampai sekarang. Fenomena gunung api sebagai obyek dan daya tarik wisata alam sebetulnya tidak hanya sekedar menawarkan gunung dengan pemandangan alam dan udaranya yang sejuk, tetapi juga memiliki potensi daya tarik lain. Keberadaan kawah maupun kaldera, sumber air panas yang biasanya berkaitan dengan keberadaan gunung api juga menjadi daya tarik tambahan lainnya. Terlebih jika terdapat adat istiadat / budaya masyarakat setempat, seperti upacara tradisional maupun legenda yang berkaitan dengan gunung api ataupun letusannya.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi pustaka didapatkan data bahwa perancangan buku petunjuk siaga bencana alam terhadap letusan gunung api di Jawa Barat untuk memberikan informasi kepada masyarakat di Jawa Barat, wisatawan, para pendaki gunung agar lebih mengenal gunung api dan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap letusan gunung api.

Konsep perancangan kali ini adalah buku petunjuk yang memberikan informasi tentang Gunung Api di Jawa Barat secara akurat, penjelasan ilmiah secara visual, menggunakan penjelasan gunung api dengan ilustrasi yang dikombinasikan dengan foto yang membuat buku petunjuk ini mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat. Diharapkan perancangan ini dapat membantu masyarakat bisa mengenal gunung api dan mengenal bahaya dari dampak letusan gunung api tersebut. Dan juga diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam letusan Gunung Api untuk masyarakat di Jawa Barat.

Kata kunci : Gunung Api, Buku Petunjuk.

Subjek

DESIGN
 

Katalog

RE-DESAIN BUKU SAKU TANGGAP TANGKAS TANGGUH MENGHADAPI BENCANA
 
xiii, 77p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESKY ARRY NUGRAHA
Perorangan
I Dewa Alit Dwija ; Djoko Wahjuadi
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini