Perkembangan era teknologi digital sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah. E-Commerce merupakan salah satu teknologi yang sangat diminati di era teknologi digital. Ditambah lagi, adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan masyarakat menggunakan media elektronik secara online setiap harinya. Fenomena ini dapat menyebabkan munculnya perilaku konsumen yang impulsif, apalagi jika E-Commerce menawarkan promosi yang menguntungkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap perilaku impulse buying Generasi Z pengguna Shopee melalui lifestyle sebagai variabel intervening.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif serta teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Sampel yang digunakan ditentukan melalui probability sampling dengan pendekatan simple random sampling berjumlah 385 orang.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, variabel promosi berada pada kategori baik dengan skor 78,3%, variabel lifestyle berada pada kategori baik dengan skor 78,5% dan variabel impulse buying berada pada kategori agak baik dengan skor 67%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil uji hipotesis yang dilakukan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap lifestyle, lifestyle berpengaruh positif dan signifikan tehadap impulse buying, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying melalui lifestyle yang memediasi secara parsial.