UMKM memiliki peran dan potensi besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia bahkan disebut sebagai pilar penting perekonomian Indonesia. UMKM dapat melakukan penyerapan tenaga kerja hingga sebesar 97%. Namun, besarnya potensi dan peran UMKM tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi, yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pemasaran digital, pengemasan produk yang masih minim, serta kurangnya inovasi. Oleh karena itu tercipta sebuah solusi yaitu SMEsPedia yang merupakan platform untuk memfasilitasi UMKM dalam bentuk All in One Srvices dengan fitur yang dimiliki, yaitu SME Marketplace, SME Branding, SME Community, dan SME Education. Penulis berperan sebagai Chief Marketing Officer yang bertugas untuk memperkenalkan SMEsPedia kepada masyarakat dengan membuat strategi pemasaran. Penulis membuat media promosi poster sebagai media promosi untuk memperkenalkan SMEsPedia kepada masyarakat. Selain itu, penulis juga berperan sebagai admin pada kegiatan re-desain kemasan dan logo UMKM dan melakukan penelitian untuk membuat artikel jurnal dengan judul "Faktor Motivasi UMKM Kabupaten Bandung dalam Melakukan Adopsi Media Sosial".