Perancangan Buku Pop-Up tentang Dampak Membuang Sampah Sembarangan Untuk Anak Usia 3-6 Tahun

HUMAIRA NOOR ANNISA

Informasi Dasar

13.04.655
741.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PERANCANGAN BUKU POP-UP TENTANG DAMPAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN UNTUK ANAK USIA 3-6 TAHUN

Oleh Humaira Noor Annisa NPM: 109300024

Jakarta sebagai ibu kota Indonesia selain menjadi pusat dari kegiatan ekonomi dan pemerintahan, menjadi tempat tinggal lebih dari 9,1 juta jiwa. Walaupun menjadi pusat pemerintahan dan menjadi kota modern dengan pembangunan yang pesat, Jakarta tidak luput dari berbagai masalah, dan masalah utama kota Jakarta selain kemacetan lalu lintas adalah sampah yang berserakan dan menumpuk di sungai serta dipinggir jalan. Masih banyak sekali masyarakat yang tidak perduli akan lingkungan hidup, padahal dampaknya sudah bisa kita lihat sendiri.

Berbagai tindakan dilakukan untuk memberitahukan agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, tetapi sayangnya hal itu masih kurang menggerakan hati orang-orang yang belum mengerti. Berdasarkan alasan tersebut, penulis terdorong untuk membuat suatu media pemberitahuan akan dampak membuang sampah sembarangan untuk anak, karena anak masih dalam tahap pembelajaran sehingga pemeberitahuan ini akan bermanfaat untuk kedepannya. Anak yang diberitahu dari kecil akan lingkungan hidup, setelah besar nanti mereka akan lebih peka dan peduli. Dengan menyesuaikan target audience, penulis memilih format buku cerita bergambar dengan sistem pop-up untuk menjadi media pemberitahuan ini. Sebuah buku cerita yang menggambarkan akan dampak membuang sampah sembarangan.

Penulis menggunakan konsep kreatif yang berupa sistem pop-up dengan karakter monster untuk buku ini. monster sebagai perumpamaan akan buruknya akibat dari sampah yang berserakan dan memperlihatkan kekotoran atau penyakit. Tujuannya penggunaan tema tersebut selain menjadi media pembelajaran yang efektif, dengan memacu imajinasi dan kreativitas pembaca juga membantu pembaca mengetahui dampak buruk dari membuang sampah sembarangan.

Kata kunci: Buku anak, pop-up, sampah.

Subjek

BOOKS-GRAPHIC DESIGN
EDUCATIONAL MEDIA

Katalog

Perancangan Buku Pop-Up tentang Dampak Membuang Sampah Sembarangan Untuk Anak Usia 3-6 Tahun
 
xii, 82p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HUMAIRA NOOR ANNISA
Perorangan
Patra Aditia. ; Donny Trihanondo
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini