Perancangan Situs Edukasi Bagi Ilmu Sebagai Sumber Informasi Belajar Tambahan

FAAIZAH

Informasi Dasar

13.04.656
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem edukasi yang ditempuh dari pendidikan formal di Indonesia masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pelajar terhadap ilmu pengetahuan. Pelajar, terutama di usia remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap suatu ilmu yang mereka senangi. Keterbatasan waktu di dalam kelas membuat pelajar membutuhkan sumber informasi tambahan lain. Namun, mencari informasi melalui buku masih kurang efisien karena membutuhkan biaya dan waktu ekstra untuk pergi ke toko buku atau perpustakaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang menyangkut cara belajar, terciptalah sebuah inovasi pendidikan. Belajar kini dapat dilakukan dimanapun tanpa batas waktu dan wilayah melalui pemanfaatan internet. Pelajar dapat mengakses situs edukasi yang memudahkan mereka mendapatkan informasi tambahan seputar ilmu pengetahuan. Namun, interaksi satu arah pada situs edukasi dirasakan membosankan sehingga dibutuhkan tampilan visual yang bersifat edutainment agar menghasilkan sebuah situs yang kolaboratif hingga belajar menjadi menyenangkan.

Perancangan situs edukasi yang bersifat edutainment dapat diwujudkan melalui perancangan yang memiliki aspek humor dan kompetisi. Percerminan warna yang kuat pada identitas juga dibutukan agar dapat mempengaruhi mood pelajar dalam mengakses situs. Hasil perancangan situs digunakan untuk melengkapi dan meyempurnakan rancangan yang telah ada. Diharapkan dari perancangan situs edukasi ini pencarian informasi ilmu pengetahuan menjadi lebih efektif, khususnya pengalaman sistem belajar yang didapatkan lebih menyenangkan dan kolaboratif.

Kata kunci : situs edukasi, belajar on-line, edutainment, fun, collaborative

Subjek

WEB PAGE DESIGN
EDUCATIONAL MEDIA

Katalog

Perancangan Situs Edukasi Bagi Ilmu Sebagai Sumber Informasi Belajar Tambahan
 
xiv, 101p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAAIZAH
Perorangan
Bijaksana Prabawa ; Lia Yuldinawati
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini