Dalam strategi pemasaran produsen berusaha merancang tawaran dan citra
perusahaan agar dapat menempati posisi yang khas di dalam benak pelanggan
(membangun persepsi konsumen) sasarannya sehingga produk yang
digunakan oleh konsumen sesuai dengan keinginannya dan perusahaan yang
memproduksi produk tersebut dapat memp€rtahankan pangsa pasarnya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan
pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian
ini adalah pengguna Skutik dengan tipe Honda Beat, Honda Spacy, Yamaha
Mio, Yamaha Mio Soul, dan Suzuki Spin. Sampel dalam penelitian ini
sebersar 150 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis deskiptif Multidimensional Scalling, dan Correspondence Analysis.
Hasil penelitian pada analisis Multidimensional Scalling terlihat pada
dimensi satu produk Skutik Honda Beat yang berada di kuadran empat dan
memiliki angka paling besar pada dimensi satu. Dimensi dua terlihat produk
Skutik Honda Spacy yang berada di kuadran dua menempati posisi pating
tinggi dalam dimensi dua. Pada grafik Correspondence .Analysis terlihat
bahwa Honda Beat memiliki kedekatan dengan atribut kenyamanan, Honda
Spacy memiliki kedekatan dengan atribut model, Yamaha Mio Soul memiliki
kedekatan dengan atribut konsumsi bahan bakar, dan Yamaha Mio dan Suzuki
Spin memiliki kedekatan dengan atribut performa.
Pada analisis Multidimensional Scalling terdapat empat posisi produk
Skutik, yaitu: Pertama, Skutik merek Yamaha Mio terletak pada kuadran l.
Kedua, Skutik merek Honda Spacy terletak pada kuadran IL Ketiga, Skutik
merek Yamaha Mio Soul terletak pada kuadran lll Keempat, Skutik merek
Honda Beat dan Suzuki Spin berada pada kuadran lV. Pada Correspondence
Analysis terdapat empat persepsi konsumen terhadap atribut produk Skutik,
yaitu: Honda Beat memiliki kedekatan dengan atribut kenyamanan yang
menunjukkan persepsi konsumen terhadap Honda Beat cukup nyaman dan
ergonomis. Honda Spacy memiliki kedekatan dengan atribut model yang
menunjukkan persepsi konsumen terhadap Honda Spacy memiliki model
sepeda motor yang cukup menarik. Yamaha Mio Soul memiliki kedekatan
dengan atribut konsumsi bahan bakar yang menunjukkan persepsi konsumen
terhadap Yamaha Mio Soul memilki konsumsi bahan bakar yang cukup irit.
Yamaha Mio dan Suzuki Spin memiliki kedekatan dengan atribut performa
mesin yang menunjukkan persepsi konsumen terhadap Yamaha Mio dan
Suzuki Spin memiliki performa mesin yang baik.
Kata Kunci: Atribut Produk, Positionig ,Pemetaaan Persepsi,
Multidimensional Scalling, Correspondence Analysis