ANALISIS KUALITAS LAYANAN PLATFORM KESEHATAN ONLINE MENGGUNAKAN TEXT ANALYTICS PADA DATA ULASAN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY STORE (STUDI KASUS PADA APLIKASI HALODOC DAN ALODOKTER)

RAISSA MAHARANI HARAHAP

Informasi Dasar

22.04.1318
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi yang mempengaruhi kegiatan masyarakat sehari-hari, sektor kesehatan menjadi salah satu sektor yang mengalami transformasi digital. Akibat kemunculan dari virus COVID-19 pada awal tahun 2020 yang menjadi sumber wabah pandemi di seluruh dunia, terjadi lonjakan penggunaan aplikasi telemedis (telemedicine) di Indonesia. Menurut WHO (World Health Organization), telemedicine adalah salah satu layanan kesehatan dimana kedua pihak antara pasien dan tenaga kesehatan tidak dibutuhkan untuk bertatap muka secara langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan adanya lonjakan penggunaan aplikasi telemedis, maka muncul juga kebutuhan untuk mengetahui insights pelanggan kepada kualitas layanan di aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sentimen pengguna dan topik utama mengenai kualitas layanan platform kesehatan online Halodoc dan Alodokter melalui konten yang didapatkan dari User-Generated Content (UGC) dalam bentuk Online Customer Review (OCR) di Google Play Store berdasarkan pengalaman dari pengguna. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah text analytics dengan menganalisis dan menginterpretasi data berupa teks untuk menghasilkan insights dari pelanggan mengenai kualitas layanan dari kedua aplikasi kesehatan online. Sentimen pelanggan dan topik utama akan menggambarkan insights dari pengguna platform kesehatan online. Seperangkat lima dimensi digunakan untuk melihat dan mengukur sentimen pada kualitas layanan mHealth (aplikasi kesehatan online) yakni kualitas konten (content quality), keterlibatan (engagement), privasi (privacy), keandalan (reliability), dan kegunaan (usability). Hasil dari penelitian berdasarkan analisis sentimen dan pemodelan topik mengacu ke insights yang positif untuk kualitas layanan kedua aplikasi. Tetapi, dimensi privacy pada kedua aplikasi memiliki persentase sentimen negatif yang lebih tinggi dibandingkan sentimen positif. Dengan pengetahuan mengenai kualitas layanan berdasarkan insights yang muncul dari pengalaman pelanggan mengenai Halodoc dan Alodokter ini, kedua platform tersebut dapat mengevaluasi dan memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi pengguna terutama privasi dari pengguna kedua aplikasi untuk mempertahankan kepuasan dan kesetiaan dari pengguna aplikasi tersebut.

Subjek

BIG DATA
SERVICE,

Katalog

ANALISIS KUALITAS LAYANAN PLATFORM KESEHATAN ONLINE MENGGUNAKAN TEXT ANALYTICS PADA DATA ULASAN PENGGUNA DI GOOGLE PLAY STORE (STUDI KASUS PADA APLIKASI HALODOC DAN ALODOKTER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAISSA MAHARANI HARAHAP
Perorangan
KRISHNA KUSUMAHADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini