ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK SPEEDY UNTUK MENENTUKAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN MATRIKS IFE/EFE

WINDA AVIANI

Informasi Dasar

281 kali
13.04.705
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagaimana perusahaan BUMN pada umumnya, pengelolaan dan implementasi sistem informasi PT. Telkom merupakan masalah yang cukup vital dan harus mendapatkan perhatian yang khusus, hal ini bertujuan untuk membentuk PT. Telkom agar menjadi perusahaan yang peka, terdepan, dan mampu mengikuti kemajuan teknologi. Berdararkan observasi, sistem informasi pemasaran terutama produk Speedy sudah berbasis informasi namun masih mengalami kendala, terutama pada proses pasang baru Speedy (PSB). Agar penelitian ini mengarah pada sasaran dan memudahkan dalam melakukan pembahasan, maka variabel penelitian difokuskan pada sistem informasi pemasaran. lnformasi yang dimaksud adalah informasi yang bersifat strategis berdasarkan pada target bisnis perusahaan, sehingga pengembangan sistem informasinya mengarah pada pencapaian tujuan perusahaan dengan menghasilkan informasi dalam proses pengambilan keputusan. Obyek penelitian adalah pemasaran produk Speedy. Waktu dan periode yang diperlukan untuk penelitian memakan waktu ± 6 minggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) dan didukung oleh data hasil kuesioner maupun wawancara kepada beberapa karyawan perusahaan. Penelitian ini akan menghasilkan suatu analisis implementasi sistem informasi pemasaran produk Speedy saat ini dan di masa yang akan datang untuk membantu perusahaan dalam menentukan langkah - langkah strategis sistem informasi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitan, PT. Telkom area Kebayoran Baru sudah unggul dari segi intemal dalam memanfaatkan sistem informasi pemasaran perusahaan, namun mereka masih lemah dalam segi ekstemal. Dapat dilihat dari hasil analisis diagram SWOT, posisi sistem informasi pemasaran produk Speedy PT. Telkom berada pada kuadran II, yang artinya mskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Fokus yang harus diambil oleh perusahaan adalah meminimalkan masalah ekstemal yaitu ancaman dengar memanfaatkan kekuatan intemalnya. Strategi yang harus ditetapkan perusahaan adalah menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman dengan cara strategi diversifikasi (ST) . Dalam memanfaatkan sistem informasinya diharapkan PT. Telkom dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan sarana telekomunikasi baik berupa suara maupun data. Dengan meningkatkan pemahaman atas kebutuhan konsumen sehingga dapat diperoleh gambaran profil konsumen secara umum agar dapat ditentukan sasaran yang menjadi prioritas dalam pengembangan infrastruktur jaringan dan jenis layanan yang diberikan, serta dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja manajemen secara menyeluruh.

Kata Kunci : Strategi, Sistem lnformasi Pemasaran, dan Analisis SWOT

Subjek

MARKETING COMMUNICATION CHANNELS
MARKETING STRATEGY, INFORMATION TECHNOLOGY,

Katalog

ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK SPEEDY UNTUK MENENTUKAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN MATRIKS IFE/EFE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDA AVIANI
Perorangan
CITRA KUSUMA DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini