ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER REVIEW DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE (STUDI PADA TOKOPEDIA)

Namira Zahra Putri

Informasi Dasar

22.04.1348
658.807
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi maka pertumbuhan pada bidang e-commerce juga terjadi begitu cepat. Di Indonesia sendiri sudah panyak perusahaan pada bidang e-commerce yang saling bersaing untuk meningkatkan minat beli konsumen. Pada bisnis e-commerce diindikasikan bahwa niat pembelian yang dilakukan konsumen, salah satunya dapat dipengaruhi oleh electronic word of mouth (eWOM). Komunikasi eWOM terkait Tokopedia oleh konsumen seperti memberikan review pada App Store memiliki nilai tambah bagi merek secara positif. Informasi atau review pada media social dapat mendorong kepercayaan konsumen terhadap Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh langsung dimensi dari eWOM yang meliputi Customer review dan influencer review terhadap purchase intention pada e-commerce Tokopedia. Peran variabel trust dalam memoderasi pengaruh kedua variabel tersebut terhadap purchase intention juga akan diselidiki dalam penelitian ini. Metode kuantitatif digunakan untuk menguji hubungan sebab-akibat dari variabel-variabel yang membentuk model persamaan struktural yaitu dengan menggunakan data empirik yang diambil melalui survey dengan lima skala likert untuk 15 item pertanyaan. Data indikator-indikator yang dimiliki oleh setiap variabel hasil survey diuji terlebih dahulu validitas dan rebilitasnya. Sebelum uji hipotesis dilakukan pengujian kecocokan model. Convenience sampling dengan teknik non-probability sampling digunakan untuk mendapatkan terhadap 201 sampel responden melalui kuesioner secara online melalui google form yang berasal dari pengguna Tokopedia. Hasil penelitian ini menunjukan customer review dan influencer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, Variabel trust mampu memoderasi pengaruh customer review terhadap purchase intention. Kata kunci: customer review, influencer review, trust, minat beli, sosial media.

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER REVIEW DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE (STUDI PADA TOKOPEDIA)
 
x, 89p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Namira Zahra Putri
Perorangan
Teguh Widodo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini