Penelitian ini mendeskripsikan mengenai bagaimana konten media sosial Instagram Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia digunakan sebagai media sosialisasi dan keterbukaan bagi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Penelitian ini dijalankan oleh peneliti berlandaskan pada betapa pentingnya sertifikasi TKDN untuk masyarakat Indonesia secara umum dikarenakan sertifikasi ini memiliki fungsi untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dalam sebuah produk yang beredar di pasaran. Penelitian ini dijalankan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode analisis konten dengan teori media richness. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pusat P3DN memenuhi unsur kesegeraan, keragaman isyarat, variasi bahasa, dan sumber personal pada teori media richness. Meski demikian media sosial Instagram Pusat P3DN masih perlu melakukan peningkatan jumlah konten pada konten sosialisasi untuk sertifikasi TKDN. Untuk konten transparansi Pusat P3DN telah sangat baik dalam pembuatan dan penerapan keterbukaan pada konten media sosial Instagram Pusat P3DN.